KESALAHAN PALING BESAR PARA MANAJER DAN CARA CARA MEMPERBAIKINYA
- LALAI MENCERMATI KEMAJUAN DALAM BIDANG KEAHLIAN ATAU BIDANG PROFESI ANDA SENDIRI.
Manfaat bagi anda jika anda senantiasa mengikuti perkembangan dan kemajuan dalam bidang profesi atau bidang keahlian anda.
- Anda akan senantiasa siap dipromosikan.
- Anda akan benar benar ahli dalam bidang anda.
- Pekerjaan anda akan lebih menarik dan bernilai.
Teknik teknik yang perlu diterapkan guna meraih keuntungan tersebut.
• Persiapkan diri anda untuk meraih kemajuan .
• Jika ada tawaran, terimalah sebagai tempat belajar manajemen.
• Jangan sekali kali meremehkan ketrampilan teknis.
• Bersikaplah terbuka terhadap gagasan baru.
. Temukan cara cara untuk meningkatkan kualitas diri anda
• Biarkan diri anda berkembang dengan sendirinya dalam lingkungan pekerjaan.
2. TERLALU TERPAKU PADA BIDANG KEKHUSUSAN TERTENTU
Manfaat yang anda peroleh jika anda anda tak membatasi diri dibidang tertentu saja.
* Anda akan memperoleh kesempatan yang lebih baik untuk meraih promosi lebih tinggi .
* Kian tinggi karir anda, kian memuaskan imbalan financial yang anda terima.
* Karir anda akan menjadi jauh lebih menarik dari pada sebelumnya.
Teknik teknik yang harus anda gunakan untuk meraih manfaat tersebut.
** Gantungkanlah cita cita anda setinggi mungkin
** Gunakan rencana sukses pribadi satu juta dollar
** Jangan batasi pengetahuan anda pada bidang kekhususan anda saja.
** Pelajarilah segala sesuatu mengenai perusahaan anda secara menyeluruh.
** Belajar sesuatu yang baru setiap harinya mengenai pekerjaan orang lain.
** Ciptakan wawasan jauh melampui ruang lingkup perusahaan anda.
3. SEGAN MEMIKUL TANGGUNG JAWAB YANG LEBIH TINGG ATAU TAKUT MENANGGUNG TANGGUNG JAWAB ATAS TINDAKAN TINDAKAN ANDA SENDIRI.
Keuntungan yang anda peroleh dari pemikulan tanggung jawab yang lebih tinggi dan keberanian menerima tanggung jawab penuh tindakan anda sendiri.
** Anda akan selalu terdorong meluncurkan inisiatif inisiatif.
** Bobot professional anda akan meningkat
** Anda akan mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan dari para atasan
** Anda akan memperoleh ketaatan , kerja sama dan dukungun bawahan.
** Jika anda berani mencari tanggung jawab, ia akan muncul menemui anda.
Teknik teknik yang dapat anda pergunakan untuk memetik manfaat manfaat tersebut.
** Ketahuilah bidang bidang yang menjadi tanggung jawab utama.
** Kerjakanlah setiap tugas dengan sebaik baiknya.
** Pupuklah keberanian untuk mempertahankan prinsip prinsip dan keyakinan anda.
** Ambil alihlah tanggung jawab atas kegagalan bawahan anda.
** Bertanggung jawablah secara penuh atas tindakan anda sendiri.
** Mintalah berbagai macam tugas manajemen.
4. GAGAL MEMBUAT KEPUTUSAN YANG HANDAL TEPAT PADA WAKTUNYA.
Keuntungan yang akan diperoleh jika anda mampu merumuskan keputusan handal yang tepat pada waktunya.
** Anda akan dipercaya sepenuhnya sebagai seorang pemimpin yang tangguh .
** Orang orang akan mempercayai keputusan dan instruksi anda.
** Anda dikenal sebagai ahli pemecah masalah.
** Anda akan terhindar dari belenggu frustasi.
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk memperoleh manfaat manfaat tersebut.
** Khawatir sebelum melangkah, namun buanglah kekhawatiran itu begitu mulai melangkah.
** Pertama tama, ajukan lima pertanyaan pokok kepada diri sendiri.
** Lima langkah mudah dan sederhana dalam rangka memecahkan masalah masalah
bisnis dan manajemen.
5. MENGABAIKAN PELAKSANAAN INSPEKSI LAPANGAN SECARA MEMADAI.
Anda akan memperoleh manfaat atau keuntungan keuntungan berikut ini jika anda menjalankan inspeksi sebagai mestinya.
• Inspeksi akan meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi.
• Inspeksi akan meningkatkan aspek perlindungan keselamatan kerja.
• Inspeksi akan meningkatkan kualitas lingkungan kerja.
* Inspeksi akan meningkatkan keharmonisan hubungan
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk mengadakan inspeksi lapangan yang bermanfaat.
** Apakah orang orang yang bersangkutan bisa memberikan jawaban yang diminta.
** Apakah manajer setempat benar benar menguasai keadaan.
** Periksalah segala sesuatu yang nampaknya sudah jelas, karena hal itu biasanya terabaikan.
** Prosedur Inspeksi, tujuh langkah pengamanan.
** Cari cara untuk menjadi inspektur yang tegas namun tetap mengundang simpati.
6. GAGAL UNTUK MEMBUAT PEKERJAAN MUDAH DIMENGERTI , DIAWASI,
DAN DISELESAIKAN
Keuntungan keuntungan yang akan anda dapatkan bila tidak gagal ;
** Bawahan akan lebih cepat tanggap terhadap perintah perintah anda.
** Bawahan akan berupaya melakukan hal yang terbaik bagi anda.
** Akan tersedia lebih banyak waktu untuk menggarap pekerjaan anda.
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk meraih keuntungan tsb.
** Pastikanlah bahwa suatu perintah tertentu memang diperlukan.
** Berikanlah perintah yang tepat
** Jangan sampai memberikan perintah yang tidak dapat anda tegakkan.
** Perhaluslah perintah anda sebagai saran atau pertimbangan tambahan.
** Ketahuilah secara pasti apa yang anda inginkan sebelum mengeluarkan perintah.
** Pakailah bahasa yang singkat padat , jelas dan sederhana.
** Mintalah bawahan mengulangi perintah anda secara lisan.
** Manfaatkan jenjang kekuasaan yang telah terbina untuk memberikan perintah perintah.
** Biasakanlah segenap bawahan anda mau bertanya.
** Ajukan pertanyaan pertanyaan kepada bawahan.
** Sewaktu sibuk, ganti pengawasan oleh staf [ ……….mandor ]
7. LALAI MEMANFAATKAN WAKTU YANG BERHARGA HANYA UNTUK MENGURUSI DETIL DETIL DAN MENANGANI TUGAS ORANG LAIN.
Manfaat manfaat yang akan anda dapatkan jika anda tidak menyia nyiakan waktu hanya untuk mengurusi detil detil dan merepotkan diri dengan pekerjaan orang lain.
** Segenap pekerja akan menghormati kebijaksanaan anda.
** Anda akan lebih dimungkinkan mengembangkan prakarsa dan sumber daya para pekerja .
** Anda akan terbebas dari resiko dikelilingi para “ yes man “
Teknik teknik yang dapat anda gunakan demi meraih manfaat tersebut.
** Fokuskan pikiran anda pada tanggung jawab manajerial yang merupakan tugas utama anda.
** Seorang manajer harus mengadakan desentralisasi pelaksanaan tugas.
** Cara memadukan pemberian keleluasaan bagi bawahan serta pemeliharaan kontrol terhadap mereka.
** Pendelegasian tanggung jawab merupakan unsur penting bagi manajemen yang baik.
** Berikanlah perintah perintah yang berorientasi pada misi .
** Waspadai bentuk perintah yang berorientasi misi yang tidak bermanfaat.
8. ENGGAN MENILAI PRESTASI DIRI SENDIRI SECARA REALISTIK
Keuntungan keuntungan yang akan anda petik jika anda menilai prestasi diri sendiri secara jujur dan realistik.
** Anda akan terlatih bersikap jujur terhadap diri sendiri .
** Anda akan lebih mampu mengkonsilidasi kekuatan dan mengatasi kelemahan diri sendiri.
** Rasa takut terbesar yang sering membayangi manajer akan lenyap.
Agar dapat menilai prestasi diri sendiri secara realistis ajukanlah pertanyaan ini pada diri sendiri.
++ Masalah ataukah solusi, yang sering kali anda berikan kepada atasan.
++ Apakah anda sudah berusaha untuk mendapatkan semua fakta.
++ Apakah anda menggunakan sumber daya yang tersediauntuk melaksanakan suatu pekerjaan secara tuntas.
++ Apakah anda sudah mampu melaksanakan diri dari jebakan detil detil.
++ Apakah anda gampang panik.
++ Apakah laporan anda didasarkan pada hasil hasil nyata.
++ Apakah anda memenuhi tenggat yang telah ditetapkan.
++ Apakah anda terbiasa merampungkan pekerjaan secara tuntas.
++ Cara menganalisis prestasi diri sendiri.
9. PASRAH MEMPEROLEH HASIL MINIMAL DAN LALAI MENGUPAYAKAN HASIL MAKSIMAL.
Manfaat manfaat yang akan anda peroleh bila tidak pasrah.
- Anda tidak dapat dipaksa untuk menerima hasil yang minimal dari bawahan anda.
- Para bawahan anda akan berusaha untuk memberikan segala sesuatu yang maksimal dari diri mereka kepada anda dan perusahaan / organisasi.
- Angka angka produksi dan penjualan akan melonjak dalam waktu singkat.
- Biaya biaya produksi dan berbagai sektor pengeluaran lainnya akan turun.
- Pada akhirnya segenap langkah tersebut diatas akan meningkatkan Laba, prestise, promosi, atau bahkan ketiga ketiga bagi anda.
Teknik teknik yang dapat anda pergunakan untuk memperoleh manfaat manfaat tersebut.
++ Tetapkan standar kinerja yang tinggi bagi organisasi anda.
++ Jangan menerima sistem yang ada sebagai sistem yang terbaik atau satu satunya sistem yang dimungkinkan.
++ Doronglah segenap karyawan untuk ikut memperbaiki sistem.
++ Bantulah bawahan anda untuk menetapkan tujuan mereka sendiri.
++ Buatlah orang bangga akan pekerjaannya.
++ Bersikaplah waspada terhadap tanda tanda stagnasi kinerja yang minimal.
Teknik teknik yang dapat anda pergunakan untuk memperoleh manfaat manfaat tersebut.
- Tetapkan standar kinerja yang tinggi bagi organisasi anda.
- Jangan menerima sistem yang ada sebagai sistem yang terbaik atau satu satunya sistem yang dimungkinkan.
- Doronglah segenap karyawan untuk ikut memperbaiki sistem.
- Bantulah bawahan anda untuk menetapkan tujuan mereka sendiri.
- Buatlah orang bangga akan pekerjaannya.
- Bersikaplah waspada terhadap tanda tanda stagnasi kinerja yang minimal.
10. MENYALAHGUNAKAN KEDUDUKAN MANAJERIAL UNTUK MEMENUHI KEPENTINGAN PRIBADI.
Sejumlah keuntungan yang akan anda peroleh jika anda dapat memisahkan urusan
kerja dari urusan pribadi.
** Anda akan hidup lebih tenang.
** Segenap pekerja akan mempercayai anda.
** Anda akan mendapatkan perhargaan dan rasa hormat dari segenap karyawan.
** Anda akan menjadi teladan yang baik bagi segenap karyawan anda.
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk memperoleh keuntungan keuntungan tersebut.
** Gunakanlah setiap sumber daya manjerial hanya untuk kepentingan dinas
sebagaimana mestinya.
** Praktekan prinsip kebajikan klasik tentang kejujuran.
** Taatilah peraturan yang berlaku.
** Hargailah bawahan atas pekerjaan yang telah mereka lakukan.
** Cara pengembangan karakter lurus yang tidak mementingkan diri sendiri.
11. TIDAK MENGATAKAN HAL YANG SEBENARNYA DAN TIDAK MEMENUHI JANJI.
Keuntungan yang akan anda peroleh jika anda mengatakan hal hal yang sebenarnya dan selalu memenuhi janji.
** Orang lain akan mempercayai perkataan anda.
** Reputasi sebagai orang terpercaya akan anda raih.
** Setiap orang akan menghormati anda.
** Anda tak perlu bersusah payah mengingat-ingat segala sesuatu yang telah anda katakan.
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk memperoleh keuntungan tersebut.
** Pupuklah keberanian moral
** Jangan memberi janji yang tidak dapat anda penuhi.
** Terapkanlah sangsi yang sudah ditetapkan.
** Kembangkan kesan positif sebagai orang yang dapat dipercaya.
** Cara membina integritas.
12. GAGAL BERFUNGSI SEBAGAI TELADAN BAGI BAWAHAN.
Manfaat manfaat yang dapat anda peroleh jika anda mampu berfungsi teladan.
= Segenap karyawan anda akan memenuhi standar kerja yang anda kehendaki.
= Anda akan mendapatkan yang terbaik dari para karyawan anda.
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk memperoleh manfaat manfaat tersebut.
= Tetapkan standar kerja yang tinggi bagi segenap bawahan
= Menjadikan diri sendiri sebagai teladan melalui kerja keras.
= Pupuklah gairah kerja.
= Kembangkan inisiatif anda
13. LEBIH INGIN DISUKAI DARI PADA DIHORMATI.
Keuntungan bila anda dapat dihormati dari pada disukai ;
++ Anda tidak perlu berpura pura baik atau sok akrab hanya agar disukai oleh para bawahan, anda sepenuhnya menjadi diri sendiri.
++ Anda tidak perlu harus menggunakan suap, rayuan atau terpaksa memohon mohon pekerja anda, agar melaksanakan tugas tugasnya.
++ Anda tidak perlu harus menenangkan kontes popularitas apapun. Dan memang, pada dasarnya anda sebagai atasan bahkan sama sekali tidak perlu terlibat dalam kontes kontes seperti itu.
++ Anda dapat bertindak dan bersikap biasa biasa saja, serba wajar.
++ Anda tidak harus melibatkan diri dalam permainan konyol untuk menarik perhatian orang lain.
++ Bawahan anda akan melakukan pekerjaannya jauh lebih dari anda.
++ Mereka akan bersedia secara tulus melaksanakan dan memenuhi harapan harapan dan keinginan keinginan anda selaku atasan mereka.
++ Anda akan mendapatkan kesetiaan kerja sama dan dukungan mereka.
++ Lebih dari itu mereka bahkan akan menyenangi anda.
Teknik larangan / negatif yang dapat digunakan .
= Jangan menerima apapun dari bawahan.
= Jangan memberi imbalan agar disukai
= Jangan berusaha membuat keputusan yang populer atau yang bisa menyenangkan semua pihak.
= Jangan tunjukkan kelemahan kepada bawahan.
= Jangan bergaul terlalu akrab dengan bawahan.
= Jangan terlalu kompromis dengan bawahan.
Teknik perintah / positif yang dapat digunakan.
** Kuasai tugas anda sepenuhnya.
** Bersikap dan bertindaklah sebagai seorang yang terhormat kapan dan dimana saja.
** Kembangkan rasa humor anda.
** Binalah loyalitas kepada pihak atasan maupun kepada bawahan.
** Terapkan ajaran ajaran klasik yang mulia.
14. GAGAL BEKERJA SAMA DENGAN BAWAHAN
Manfaat manfaat yang akan anda peroleh jika anda mampu bekerja sama secara baik dengan bawahan.
= Bawahan anda akan selalu siap dan bersedia bekerja dengan anda.
= Bahkan terhadap masalah anda sendiri pun, bawahan akan bersedia untuk bekerja sama guna memecahkannya.
= Mereka akan menghormati dan akan menaruh kepercayaan yang tinggi kepada anda.
= Anda akan memperoleh kepatuhan tanpa syarat, kesetiaan dan dukungan yang tulus.
** Mereka akan bekerja bagi anda dengan berinisiatif, kepintaran dan semangat yang lebih tinggi.
** Mereka akan bekerja sama dengan suatu Tim dengan semangat dan moral yang tinggi, dengan satu arah dan tujuan yang pasti menuju cita cita bersama.
** Anda akan bisa membuat mereka mempunyai rasa tanggung jawab dan ikut memiliki kepercayaan yang tinggi dimanapun mereka bertugas.
** Mereka akan bekerja keras seperti yang anda lakukan dalam melaksanakan pekerjaan.
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk meraih manfaat manfaat tersebut .
+ Anda harus berinisiatif memberikan kerja sama daridiri anda sendir terlebih dahulu.
+ Beri para bawahan rumah kedua dalam organisasi.
+ Beri para bawahan anda kesempatan untuk berperan serta dalam manajemen.
+ Beri bawahan anda kesempatan untuk membantu membuat peratutan peraturan.
+ Beri bawahan anda kesempatan ikut serta dalam membuat keputusan keputusan.
+ Adakan konferensi mingguan.
15. GAGAL MEMPEROLEH NASIHAT DAN BANTUAN DARI PARA BAWAHAN.
Manfaat manfaat yang akan muncul apabila anda bisa memperoleh nasehat dan bantuan bawahan anda.
## Mereka akan merasa menjadi bagian yang kompak dan handal dari sebuah Tim yang anda pimpin.
## Anda akan menemukan orang orang yang memiliki kemampuan diatas rata rata.
## Anda akan menanamkan kesan penting kepada bawahan atas pekerjaan dan keberadaan mereka.
## Setiap bawahan anda akan terdorong untuk mengguna kan imajinasi,inisiatif dan daya pikirnya secara maksimal untuk kepentingan anda.
Teknik teknik yang digunakan untuk menjangkau manfaat tersebut.
##. Tempatkan diri anda sendiri dalam suatu kerangka pikir yang pantas.
##. Upayakan mereka merasa bahwa masalah anda juga merupakan masalah mereka.
##. Tumbuhkan pemikiran pemikiran dari setiap individu.
##. Usahakan agar mereka mudah menyampaikan gagasan gagasan mereka kepada anda.
##. Cobalah menerapkan gagasan yang dikemukan bawahan anda.
##. Jangan lupa memberikan imbalan.
16. GAGAL MEMUPUK RASA TANGGUNG JAWAB
DI KALANGAN BAWAHAN.
Manfaat manfaat yang akan anda peroleh jika anda mampu memupuk rasa tanggung jawab dikalangan bawahan.
** Anda akan dapat mengembangkan rasa saling percaya diri dan saling hormat diantara anda dan para bawahan.
** Beban tugas pengawasan anda akan turun ke titik minimal sehingga jauh lebih ringan.
** Para karyawan akan bergerak sendiri untuk menggunakan inisiatifnya bagi kepentingan anda.
** Anda akan memiliki kelompok kerja yang selalu bisa diandalkan
Teknik teknik sederhana yang dapat anda gunakan untuk memperoleh manfaat tersebut.
= Ciptakan suasana kebebasan bagi bawahan untuk mengemukan pendapat mereka.
= Sering seringlah memberikan instruksi sesuai dengan misi.
= Berikan tanggung jawab kepada setiap bawahan untuk mempelajari tugas tugas atasannya.
= Sertai setiap tanggung jawab yang anda berikan dengan wewenang yang memadai.
= Dukunglah keputusan bawahan dan biarkan mereka menggunakan caranya sendiri.
= Pastikan bahwa bawahan anda bertanggung jawab atas hasil hasil pekerjaannya.
17. LEBIH MEMENTINGKAN PERNAK PERNIK PERATURAN DARI PADA KETRAMPILAN KERJA.
Manfaat manfaat yang diperoleh bila mementingkan ketrampilan ;
= Anda dapat memusatkan segenap tenaga dan pikiran pada hasil, bukan semata mata metode.
= Angka angka produksi dan atau hasil penjualan akan meningkat
= Tingkat harga serta biaya biaya akan lebih mudah ditekan.
= Anda akan lebih berpeluang merekrut para pekerja yang berkualitas.
= Para karyawan akan terpacu menggunakan inisiatifnya bagi kepentingan anda.
= Mereka akan berusaha melakukan segala sesuatunya semaksimum mungkin bagi kepentingan .
= Semangat kerja, kekompakkan dan rasa persatuan diantara para pekerja akan dapat jauh lebih tinggi.
= Perselisihan antara pihak manajemen dan para pekerja akan dapat ditekan atau dihindari.
Teknik teknik sedehana yang harus anda pertimbangkan untuk meraih berbagai keuntungan;
# Berikan seorang pekerja suatu tugas, lalu biarkan ia melaksanakannya dengan caranya sendiri.
# Tantanglah para bawahan anda untuk mengalahkan system yang ada.
# Biarkan para pegawai memperbaiki cara atau metode kerja mereka sendiri.
# Cara menonjolkan pengutamaan ketrampilan melalui perumusan peraturan peraturan yang benar benar efektif.
18. TIDAK MEMBERIKAN KRITIK KRITIK YANG BERSIFAT MEMBANGUN.
Manfaat manfaat yang tersedia jika anda dapat menyampaikan kritik kritik yang membangun / konstruktif.
12 pertanyaan yang harus anda ajukan kepada diri sendiri demi mendapatkan manfaat tersebut ;
= Seandainya ada sesuatu yang tidak beres , apakah anda cendrung untuk mencari siapa yang “ bersalah “ atas hal itu.
= Apakah anda sudah berusaha maksimal untuk mendapatkan fakta.
= Apakah anda dapat menjelaskan kepada bawahan mengenai sesuatu kesalahannya secara spesifik.
= Apakah anda dapat mengendalikan diri tatkala mengkritik seseorang.
= Apakah anda biasa membicarakan suatu masalah secara pribadi.
= Apakah anda biasa memuji terlebih dahulu sebelum mengajukan kritik.
= Apakah anda ikut bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat bawahan.
= Apakah anda juga mau mendengarkan penjelasan atau alasan dari orang yang melakukan kesalahan itu.
= Apakah anda berusaha membantu seseorang yang pernah bersalah untuk memperoleh kembali kepercayaan dan harga dirinya.
= Apakah anda mengajukan saran saran tertentu demi mencegah terulangnya kesalahan tersebut.
= Apakah anda sendiri memelihara dan menyimpan catatan tentang bawahan secara cermat.
= Apakah anda bisa memaafkan dan melupakan suatu kesalahan.
19. LALAI, MENGABAIKAN PENGADUAN DAN KELUHAN PARA BAWAHAN.
Keuntungan keuntungan yang akan diperoleh dengan memperhatikan pengaduan dan keluhan segenap karyawan.
• Anda dapat mengenali dan memahami setiap karyawan secara lebih baik.
* Sekalipun anda mewakili pihak manajemen , para karyawan anda, ingin anda mendengarkan suara mereka.
• Pegawai akan memahami dan menghargai perhatian anda terhadap mereka.
* Anda akan memahami sepenuhnya apa yang sesungguhnya diinginkan karyawan.
Teknik teknik yang dapat anda pertimbangkan untuk meraih keuntungan keuntungan tersebut.
# Mendengarkan masalah pegawai merupakan tanggungjawab pokok dari seorang manejer.
# Bagaimana cara menjadi pendengar yang baik.
# Bagaimana cara mengubah seseorang karyawan yang marah menjadi puas hanya dengan mendengarkan penjelasannya.
**** Dua belas metode sederhana untuk memperbaiki cara penanganan anda atas keluhan keluhan karyawan.***
1. Mudahkanlah mereka mendatangi anda.
2. Hindarilah birokrasi yang berbelit.
3. Jelaskan prosedur penyampaian keluhan kepada semua pihak.
4. Bantulah karyawan menyuarakan keluhannya.
5. Berikanlah kesempatan setiap orang penyampaiannya, untuk didengar.
6. Latihlah kesabaran anda.
7. Tanyakanlah apa yang dapat anda bantu / kerja baginya.
8. Jangan membuat keputusan yang terburu buru atau atas prasangka.
9. Kumpulkan semua fakta.
10. Biarkan para karyawan mengetahui keputusan anda.
11. Tinjau kembali hasilnya.
12. Bersungguh sungguhlah.
20. LALAI MEMBERIKAN INFORMASI PENTING KEPADA PARA PEGAWAI.
Dengan memberikan informasi kepada para pegawai , anda akan memperoleh keuntungan keuntungan.
@ Anda mampu menumbuhkan inisiatif dan antusiasme dikalangan bawahan.
@ Dengan selalu memperoleh informasi , kualitas kerja akan meningkat.
@ Anda terbebas dari desas desus.
@ Para karyawan akan memberikan rasa hormat , kepercayaan, ketaatan, kerja sama dan dukungan penuh kepada anda.
Teknik teknik yang perlu anda pertimbangkan demi mendapatkan keuntungan keuntungan tersebut.
- Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengetahui secara pasti posisi mereka dimata anda.
2. Jika anda tidak menyukai pekerjaan seseorang katakanlah kepadanya secara terus terang.
3. Jika anda menyukai pekerjaannya , kemukakan hal itu kepadanya.
4. Cari cara yang baik untuk memuji seseorang.
5. Beritahukan rencana rencana perusahaan.
6. Sertakan para staf terdekat sejak dini dalam menelaah rencana rencana anda.
7. Cari cara mencegah kesalahpahaman.
8. Beri tahu karyawan perihal perubahan apa saja yang sekiranya akan mempengaruhi mereka.
9. Beri tahukan juga perubahan perubahan yang tidak mempengaruhi mereka.
10.Usahakan agar para karyawan memberi tahu segala sesuatu yang perlu anda ketahui.
21. LALAI MEMPERLAKUKAN BAWAHAN SEBAGAI INDIVIDU YANG BERMATABAT.
Keuntungan keuntungan yang tersedia bagi anda jika anda memperlakukan bawahan sebagai individu yang bermatabat.
@ Semua karyawan anda akan menjadi teman anda.
@ Tidak seorangpun dari mereka yang jadi musuh anda.
@ Mereka akan mengagumi dan menghormati anda.
@ Mereka melakukan apa yang anda kehendaki.
@ Produksi akan meningkat , sedangkan biaya , pengeluaran maupun keluhan karyawan menurun.
@ Anda akan mempunyai pengaruh dan wibawa pada mereka sehingga mereka akan bekerja giat dan tulus.
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk memperoleh keuntungan keuntungan terasebut.
@ Cari cara memperlakukan karyawan sebagai individu yang bermatabat.
@ Kenalilah setiap orang, dan panggillah dengan namanya.
@ Pujilah mereka dan tepuk bahunya.
@ Tunjukkan rasa hormat anda pada bawahan atas pengetahuan dan ketrampilannya.
@ Lakukanlah usaha yang tulus dan sungguh sungguh untuk benar benar mengenali para karyawan.
@ Sesusaikanlah bidang pekerjaannya dengan bakat bakat yang dimilikinya.
- LALAI MELATIH KADER UNTUK MENGGANTIKAN KEDUDUKAN ANDA SELANJUTNYA.
Manfaat tersedia bagi anda bila tidak lalai ;
= Anda akan selalu siap menapaki promosi
= Ada seorang wakil yang selalu siap untuk menggantikan anda, kapan saja diperlukan.
= Tersedia waktu lebih banyak untuk menangani tugas tugas yang lain.
= Anda dapat mencurahkan waktu menangani kegiatan kegiatan membangun citra perusahaan.
Teknik teknik yang dapat anda gunakan untuk meraih manfaat manfaat tersebut.
@ Terapkan kebijaksanaan kaderisasi, pilih calon
pengganti anda yang terbaik.
@ Cari cara memilih calon yang terbaik.
@ Kualitas kualitas yang harus anda peroleh
pada diri seorang pembantu terdekat.
@ Cari cara untuk mendelegasikan tanggung
jawab kepada pembantu terdekat anda.